Artikel Islam


MELAKUKAN AMAR MA’RUF NAHI MUNGKAR
A. Penegak Kebenaran Selalu Muncul (LM : 1249)
حديث المغيرة بن شعبة, عن النبى صلى الله عليه وسلم, قال: لايزال ناس من أمتى ظاهرين حتى ياًتيهم امر الله وهم ظاهرون.(متفق عليه)
artinya:al mughirah bin syu’bah r.a berkata: nabi Saw bersabda: selalu akan ada dari umatku gigih memepertahankan hak, sehingga tiba ketentuan allah dan mereka tetap menang. ( Sumber: Lu’lu’ wal marjan) (1249)
maksudnya: Hadis ini menjelaskan bahwa di akhir zaman nanti walaupun  orang sudah banyak meninggalkan ajaran Allah di muka bumi dan tidak lagi melakukan perintah Allah, namun orang yang akan membela agama Allah pasti ada,yaitu yang mana pada akhir zaman nanti orang-orang tidak mau lagi mengerjakan perintah Allah, namun dalam hal itu Allah akan mengutuskan hambanya yang akan membela agama nya seperti Imam Mahdi dan Nabi Isya .
B. Siksa Bagi Yang Tidak Mencegah Kemungkaran (RS : 197)
عن ابى بكر الصديق رضى الله عنه قال: يايها الناس انكم تقرئون هده الاية : ياايها الدين أمنوا عليكم انفسكم لايضركم من ضل ادااهتديتم, وان سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: ان الناس اداراوااظالم فلم يأخدوا على يديه او شك ان يعمهم الله بعقاب منه. (رواه ابو داوود, الترمدى,النسائى)
Artinya :Abu Bakar Asshiddiq r.a berkata; hai sekalian manusia, kamu membaca ayat ini : ya ayyuhalladzina amanu alaikum anfusakum laa yadhurrukum man dhollaa idzahtadaitum hingga akhirnya. (hai sekalian orang yang beriman, jagalah dirimu, tidak membahayakan kamu kesesatan orang yang sesat, asalkan kamu mendapat hidayat), dan kamu letakkan pengertiannya tidak pada tempatnya sedang saya telah mendengar rosulullah bersabda: sesungguhnya jika orang-orang melihat orang dholim berbuat kejam jahat, dan tidak mereka cegah ( tahan tangannya ), mungkin sudah hampir allah akan meratakan kepada mereka siksanya. (Sumber: Riyadhus Sholihin) (197)
Maksudnya: Sebagaimana yg pernah ditimpakan atas kaum Yahudi krn perbuatan mungkar dan sikap cuek mereka terhadap kemungkaran tersebut. Mari kita cermati dan pahami serta camkan firman Allah Ta?ala ?Telah dilaknat orang-orang kafir dari Bani Israil dengan lisan Daud dan Isa putra Maryam. Hal demikian itu disebabkan mereka durhaka dan selalu melampaui batas. Mereka satu sama lain selalu tidak melarang tindakan mungkar yg mereka perbuat. Sesungguhnya amat buruklah apa yg selau mereka perbuat itu.? . Ada satu perumpamaan yg digambarkan oleh Nabi Muhammad SAW tentang pentingnya mencegah kemungkaran itu dan akibat membiarkannya manusia hidup ini ibaratkan orang-orang yg mengarungi samudra dgn sebuah kapal. Apabila ada seseorang dari mereka ingin mengambil air dgn cara melubangi lambung kapal itu dan mereka tidak mencegahnya maka akibatnya akan menimpa seisi kapal bukan hanya yg melubanginya tapi kalau mereka mencegahnya maka selamatlah semuanya. Singkatnya ada beberapa pelajaran yg dapat kita petik yaitu :
- Azab dan siksa yg menimpa tidak hanya utk orang yg berbuat  kemungkaran saja tapi juga orang-orang yg tidak berbuat.
- Membiarkan kemungkaran adalah salah satu penyebab datangnya laknat dan siksa.
- Perbuatan dan sikap tersebut merupakan perbuatan buruk.
- Sebaliknya kita wajib utk berbuat yg ma’ruf dan menyeru  kepadanya.
.                   
C. Menyuruh Orang Melakukan Amar Ma’ruf Nahi Mungkar Tetapi Tidak Melaksanakan  Sendiri(LM : 1882 dan RS 198)
حديث أسامة قيل له: لو اتيت فلانا فكلمتهز قال: انكم لترون أنى لا أكلمه الا اسمعكم. انى اكلمه الا اسمعكم. انى أكلمه فى السر, دون أن افتح بابا لا اكون اول من فتحه. ولا اكل لرجل, أن كان على أميرا :انه خير الناس, بعد شىء سمعته من رسول الله صلى الله عليه وسلم قالوا: وما سمعته يقول؟ قال سمعته يقول: يجاء بالرجل يوم القيامة, فيلقى فى النار, فتندلق أفتابه فى النار, فيدور كما يدور الحمار برحاهو فيجتمع اهل النار عليه, فيقولون: أى فلان! ما شأنك؟ اليس كنت تأمرون بالمعروف, وتنهى عن المنكر؟ قال: كنت امركم بالمعروف ولا اتيه, وانها كم عن المنكر واتيه. (متفق عليه)
artinya: Usamah r.a ketika ditanya: mengapakah anda tidak pergi kepada fulan itu untuk menasehatinya. Jawabnya: kalian mengira aku tidak bicara kepadanya melainkan jika kamu dengar, sungguh aku telah menasehatinya dengan rahasia, jangan sampai akulah yang membuka pintu, yang aku tidak ingin menjadi pertama yang membukanya, dan aku tidak memuji orang itu baik meskipun ia pimpinanku setelah aku mendengar rosulullah saw bersabda: orang bertanya: apakah yang anda dengar dari rosulullah Saw? Jawab Usamah: aku telah mendengar rosulullah Saw bersabda; aku dihadapkan seorang pada hari qiamat kemudian dibuang kedalam neraka, maka keluar usus perutnya dalam neraka, lalu ia berputar-putar bagaikan himar yang berputar dipenggilingan, maka berkumpullah penghuni neraka padanya dan berkata: hai fulan mengapakah anda? Tidakkah dahulu engkau menganjurkan kami untuk berbuat baik dan mencegah dari yang munkar? Jawabnya: benar aku menganjurkan kepadamu kebaikan tetapi aku tidak mengerjakannya, dan mencehgah kamu dari yang munkar tapi aku melakukannya. (  Sumber: Lu’lu’ wal marjan )(1882)

وعن ابى زيد أسامة بن زيد بن حارسة, رضى الله عنهما, قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم, يقول: يؤتى بالرجل يوم القيامة فيلقى فى النار, فتندلق أقتاب بطنه, فيدور بها كما يدور الحمار فى الرحا, فيجتمع اليه اهل النار فيقولون: يافلان مالك؟ الم تك تأمر بالمعروف وتنهى عن المنكر ؟ فيقول: بلى, قد كنت امر بالمعروف ولا أتيه, وأنهى عن المنكر واتيه. (متفق عليه)
Artinya:Abu Zaid (usamah) bin Zaid bin Haritsah r.a berkata; saya telah mendengar rosulullah SAW bersabda: seorang dihadapkan dihari qiamat. Kemudian dilemparkan kedalam neraka, maka keluar usus perutnya, lalu berputar-putar didalam neraka bagaikan himar yang berputar disekitar penggilingan maka berkerumun ahli neraka padanya sambil bertanya: hai fulan mengapakan engkau, tidakkah engkau dahulu menganjurkan kebaikan dan mencegah munkar? Jawabnya: benar, aku dahulu menganjurkan kebaikan tetapi tidak saya kerjakan, dan mencegah munkar tetapi saya kerjakan. 
              (Sumber: Riyadhus Sholihin) (198)
Maksudnya : Hadist di atas menjelaskan bahwa orang yang mennyuruh orang lain berbuat amar ma’ruf nahi mungkar sedang kan ia tidak melakukan nya ,maka dihari kiamat nanti orang tersebut akan di lemparkan kedalam neraka sehingga keluarlah usus nya.dan orang-orang di neraka bertanya kepada nya,kenapa engkau?bukankah engkau dahulu menganjurkan kebaikan dan mencegah munkar? Jawabnya: benar, aku dahulu menganjurkan orang lain berbuat kebaikan tetapi saya tidak mengerjakan, dan saya mencegah orang lain berbuat  munkar tetapi saya mengerjakan nya. maka di sini kita dapat mengetahui bahwa orang yang  mengajak atau mencaramahi orang lain,tetapi ia tidak melakukan apa yang ia serukan kepada orang lain,begitu juga sebaliknya .maka azab nya melebihi dari azab  yang  orang  yng tidak tahu sama sekali.